Analisis Komunikasi Bisnis


Nama : Aris Rismawan 
NPM : 16.110.0026
Analisis Mengenai Kerusuhan Wamena Yang Ada Di Papua
Berdasarkan informasi yang saya baca dalam artikel yang bersumber dari www.tribunwow.com mengeni kerusuhan wamena yang ada di papua terdapat beberapa jenis komunikasi . Ada dua komunikasi pertama komunikasi Internal dan yang kedua komunikasi Eksternal.
Menurut pendapatt yang saya baca dari sumber menyebutkan bahwa Tokoh Papua Samuel Thabuni melakukan musyawarah atau konferensi pers bersama Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum atau (MEKOPOLHUKAM) Wiranto bersama Tokoh wakill Pemeriintah dan beberapa Tokoh Papua, Berarti dalam hal tersebut adanya dua jenis komunikasi di sini.
Komunikasi Internal yang pertama yaitu komunikasi Vertikal dimana terjadi komunikasi antara Bawahan ke Atasan dalam kasus ini terjadi antara Tokoh Papua Samuel Thabuni ke Pemerintah untuk bisa lebih memperhatikan masa depan warga masyarakat Papua kedepannya melelui Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum (MEKOPULHUKAM) Wiranto. Yang kedua yaitu Komunikasi Diagonal yang terjadi antara satu sama lain yang ststusnya sama atau sejajar yang terjadi antara Samuel Thabuni dengan beberapa Tokoh Papua dalam bermusyawarah atau konperensi Pers.
Komunikasi  Eksternal yaitu komunikasi yang melibatkan pihak kedua seprti yang melibatkan Pemerintah, Media, Masyarakat dan yang lainnya. Dari pendapat yang saya baca dari sumber tersebut berarti komunikasi Eksternal yang terjadi dalam kasus ini adanya komunikasi ajakan terhadap para pemuda dan masyarakat untuk mendemo ke PT.Freeport, dan mengajak untuk membunuh orang yang berada di luar daerah bilamana ada di Papua, di sana ada yang setuju dan ada yang tidak sehingga membuat kerusuhan, dan perang antar warga, sehingga mengundang para media umtuk meliput semua kejadian wamena.


Sumber : https://artilestari05.blogspot.com/2019/10/analisis-jenis-komunikasi-yang-terjadi.html

Komentar